pulau beras basah

Wisata Pulau Beras Basah Di Kota Bontang

Indonesia banyak sekali memiliki pulau, yang telah tercatat pada tahun 2004 yang lalu ada sebanyak 17.504 buah pulau yang terdapat pada beberapa kota yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak pulau yang ada di Indonesia masing-masing memiliki keindahan, keunikan serta ciri khas yang dimiliki, baik dari keindahan pemandangan maupun juga suasananya. Berbicara mengenai pulau yang ada di Indonesia, pada artikel kali ini saya dapat memberikan sedikit informasi mengenai pulau Beras Basah, yang mana Pulau ini adalah sebuah objek wisata pantai pasir putih yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Selat Makasar Timur di bagian Pulau Kalimantan.

Wisata Pulau Beras Basah

pulau beras basah di kota bontang

pulau beras basah di kota bontang

Pulau ini merupakan sebuah objek wisata yang sangat terkenal di Kota Bontang dengan menawarkan pesona keindahan dari laut dan pantainya yang sangat indah dengan ditumbuhi banyak sekali pohon bakau di pinggiran pantai. Tempat ini sangatlah cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata untuk liburan bersama dengan keluarga, karena pantai ini sangat aman dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar, ditambah lagi air yang dimiliki oleh pantai pulau Beras Basah ini sangatlah jernih dengan warna hijau kebiru-biruan, serta memiliki pasir yang berwarna putih kecoklat-coklatan pada bibir pantainya.

Jika anda sedang bersantai di pinggiran pantai, anda juga dapat melihat ikan-ikan kecil yang saling beriringan dan berenang ke tepian pantai, pemandangan yang sangat lucu ini tentunya akan sangat disukai oleh buah hati anda. Pada pantai ini terdapat sebuah Mercusuar yang menjulang tinggi dan juga banyak terdapat pulau-pulau kecil yang ada di sekitaran pulau Beras Basah ini, yang mana setiap pulau kecil tersebut masih belum memiliki penghuni.

Sejarah Singkat Pulau Beras Basah

wisata pulau beras basah

wisata pulau beras basah

Mengenai sejarah yang ada pada pulau Beras Basah ini, menurut cerita dari rakyat sekitar yang telah dipercayai di sekitaran pulau Beras Basah, nama yang digunakan untuk Pulau ini berasal dari sebuah cerita, yang mana ada seorang Sultan Kutai yang melakukan perjalanan menggunakan kapal dan kapal yang berlayar di Selat Makassar ini memiliki tujuan Untuk mengantarkan bahan-bahan makanan pokok yaitu beras, namun sayangnya di tengah perjalanan saat kapal ini akan mengantarkan bahan makanan berupa beras tersebut kapal mendapatkan sebuah musibah.

Karena kapal yang mengalami musibah tersebut dan beras bawaannya tadi tumpah semua dan kapalnya ikut tenggelam, tapi dikarenakan air laut yang ada pada sekitar kapal yang tenggelam tadi memiliki tinggi yang tidak terlalu dalam, membuat beras bawaan menjadi tidak tenggelam seluruhnya ke air. Hal itu menyebabkan beras membentuk sebuah gundukan gunung, setelah beberapa lama akhirnya gundukan gunung dari beras tersebut menjadi pulau yang memiliki warna pasir putih seperti beras. Terlepas dari sejarah singkat mengenai pulau Beras Basah ini, yang pasti sekarang pulau Beras Basah telah memiliki pengunjung-pengunjung setia yang ingin menikmati keindahan panorama yang ditampilkan dari pulau yang satu ini.

Rute Menuju Pulau Beras Basah

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Pulau ini bisa menempuh rute perjalanan yang cukup mudah dengan cara menggunakan kendaraan menuju Balikpapan, yang selanjutnya anda akan dibawa menggunakan bus yang rata-rata membutuhkan waktu sekitar 5 jam, namun perjalanan ini hanya bisa sampai ke Bontang selanjutnya anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan cara menaiki kapal yang ada di Tanjung Laut Bontang Kuala, dan hanya menunggu sekitar 2 jam maka anda pun sudah bisa sampai ke pulau Beras. Namun, perlu Anda ingat bahwa Anda harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika ingin pergi kesana, karena di sekitaran Pulau ini tidak terdapat pedagang yang menjual makanan dan minuman maupun penginapan.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya bagikan mengenai Pulau Beras Basah objek wisata Pantai Pasir Putih di Kota Bontang, semoga informasi pada artikel kali ini dapat bermanfaat untuk Anda, terima kasih.