wisata bukit sembalun lombok

Pemandangan Eksotis dari Atas Sembalun Lombok

Menikmati udara dingin di Sembalun Lombok dengan suhu rata-rata 19 derajat Celcius dan suhu terendah 4 derajat Celcius tentu akan mengesankan. Hal tersebut dikarenakan memang letaknya yang berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Meskipun begitu, tetap banyak wisatawan yang antusias untuk mengunjungi Gunung Rinjani. Biasanya wisatawan banyak yang datang pada bulan Juni sampai bulan Juli. Puncak dari kunjungan pendaki gunung Rinjani biasanya terjadi pada bulan Agustus. Setiap tahun, setidaknya ada 3 bulan yaitu Januari, Februari serta Maret yang membuat kawasan Gunung Rinjani ini ditutup, mengingat cuaca yang tidak memungkinkan bagi wisatawan. Namun, anda tidak usah kawatir dengan hal ini, karena masih ada juga wisata lainnya yang dapat anda lakukan di Sembalun.

Eksotisnya  Wisata Sembalun Lombok

wisata bukit sembalun lombok

wisata bukit sembalun lombok

Di Sembalun ini juga terdapat bangunan yang dikenal juga sebagai cikal bakal. Disana juga terdapat naskah kuno yang sudah dibuktikan. Sembalun merupakan sebuah wilayah yang dikaruniai alam yang indah dengan pemandangan gunung, pantai dan juga memiliki peradaban yang ada hubungannya dengan sejarah. Di lokasi perbukitan Sembalun ini, juga terdapat berbagai tanaman serta bunga yang tumbuh secara alami. Biasanya tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat oleh warga sekitar. Bukit ini merupakan bagian dari puncak Gunung Rinjani yang lokasinya lebih rendah, namun tidak kalah indah. Bukit Sembalun ini juga merupakan tempat habitat kera hitam, dimana biasanya mereka akan terlihat bergelantungan di sekitar pepohonan.

Kedatuan kembang ulun memiliki keturunan yang pernah tinggal di atas bukit Sembalun ini. Tempat tinggalnya tampak berongga, yang sekarang telah dipakai sebagai tempat penginapan. Di atas bukit ini juga terdapat peninggalan barang dari zaman kedatuan pembangunan, yang sekarang ini sudah berusia ratusan tahun. Peninggalan tersebut sudah pernah diperbaiki dengan diganti kayunya oleh perangkat setempat. Warga pun juga senantiasa menjaga peninggalan itu, agar masyarakat luas dapat menikmati arsitektur yang bersejarah itu. Peninggalan dari keturunan kedatuan kembang ulun ini sempat mengalami kerusakan, karena diterpa oleh angin yang kencang beberapa waktu lalu. Biasanya para pendaki gunung Rinjani akan menginap di bekas tempat yang berongga itu dan kerap kali dijadikan juga sebagai destinasi wisata yang bersejarah. Penginapan tersebut ditawarkan dengan harga yang terjangkau, karena mengingat fasilitasnya yang seadanya.

Lokasi Wisata Bukit Sembalun Lombok

sembalun lombok

sembalun lombok

Sembalun Lombok sendiri merupakan sebuah wilayah yang berada di suatu kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Sembalun ini memiliki luas wilayah 217,08 km2 yang terbagi menjadi 6 Desa. Sembalun ini berbatasan dengan beberapa daerah, di antaranya di sebelah utara dengan Kecamatan Sambelia, di sebelah selatan dengan Ikmal dan Pringgasela, di sebelah barat dengan Kabupaten Lombok Barat dan di sebelah timur dengan Kecamatan Pringgabaya. Jika anda hendak mendaki Gunung Rinjani, setibanya di Sembalun anda sudah akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan yang ada di bukit Sembalun ini. Bukit yang tingginya lebih rendah dari Gunung Rinjani ini sudah memberikan pemandangan yang indah walaupun Anda belum sampai pada puncak Gunung Rinjani.

Bukit Sembalun memiliki lingkungan yang rimbun dengan pepohonan serta tanaman yang bisa digunakan sebagai obat. Di sana anda juga akan menjumpai binatang kera yang kerap bergelantungan di antara pepohonan. Bagi anda yang akan mendaki Gunung Rinjani, Anda pasti akan melalui Bukit Sembalun ini. Di bukit ini juga terdapat sebuah penginapan dengan fasilitas seadanya yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Selama di perjalanan Bukit Sembalun ini, anda juga akan menjumpai medan yang berlumut dan terdapat juga rerumputan yang melapisi bebatuan. Sehingga pastikan anda mendaki dengan alas kaki yang memang khusus digunakan oleh pendaki.

Bukit Sembalun Salah Satu Jalur Pendakian Gunung Rinjani

bukit sembalun Lombok

bukit sembalun Lombok

Bukit Sembalun ini merupakan salah satu jalur pendakian yang dapat Anda pilih, ketika ingin mendaki ke Puncak Gunung Rinjani. Warga desa juga sudah terbiasa dengan para pendaki yang melintasi wilayahnya.
Pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Rinjani Sembalun Lombok ini memiliki peranan yang sangat penting sebagai tempat singgah. Tidak jarang warga sekitar membuka penginapan bagi para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan. Pemandangan yang anda dapatkan selama perjalanan di bukit Sembalun ini akan semakin menambah semangat anda untuk segera mencapai puncak gunung Rinjani. Pastikan anda membawa bekal makanan serta minuman yang cukup. Selama perjalanan ada juga harus berhati-hati karena terdapat tebing-tebing yang tingkat kemiringannya hampir mencapai 90 derajat. Oleh karena itu jangan sampai Anda lelah dalam melakukan perjalanan.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini tentang “Pemandangan Eksotis Dari Atas Sembalun Lombok”. Semoga dapat menggugah jiwa travelling anda untuk segera berkunjung ke Lombok dan menikmati pemandangan dari atas bukit Sembalun Lombok.