air terjun tiu pupus

Indahnya Air Terjun Tiu Pupus Lombok

Selain Bali, Pulau Lombok juga menjadi salah satu tujuan wisata yang memiliki sejuta pesona. Ada salah satu wisata alam yang sangat sayang jika dilewatkan ketika sedang berlibur di Lombok yaitu air terjun Tiu Pupus. Air terjun tersebut terletak di Dusun Kerurak Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ini menyimpan keindahan yang sangat mengaggumkan. Apabila anda sedang berada di Lombok Utara, pastikan untuk mengunjunginya.

Keistimewaan yang Dimiliki oleh Air Terjun Tiu Pupus

air terjun tiu pupus

air terjun tiu pupus

Nama air terjun ini memang terbilang sangat unik yaitu Tiu Pupus. Kedua kata tersebut ternyata memiliki arti tersendiri, dalam bahasa lokal setempat, Tiu mempunyai arti genangan air dan sedangkan Pupus berarti akar yang terlihat dari sebatang pohon yang ada di tebing sungai. Lalu apa saja keistimewaan yang dimiliki oleh air terjun Tiu Pupus? Yang pertama adalah memiliki pemandangan yang sangat indah.

Air terjun tersebut dikelilingi oleh indahnya pegunungan yang akan disuguhkan ketika anda ingin mencapai salah satu objek wisata di Lombok ini. Lokasi tempat wisata alam ini berjarak sekitar 70km dari kota Mataram dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 1 jam perjalanan.

Lokasi Air Terjun Tiu Pupus

Namun untuk menuju ke air terjun tiu pupus ini anda harus membutuhkan kesabaran karena anda harus berjalan kaki. Disarankan untuk para pengunjung untuk memakai sepatu gunung atau sandal gunung karena akses menuju ke sini tidaklah mudah. Jalan yang terjal dan curam mewarnai setiap perjalanan dan jika musim penghujan pun juga sangat licin, jadi anda harus bisa berhati-hati. Tetapi kelelahan dan juga kesulitan anda akan terbayarkan ketika sudah memasuki air terjun indah yang satu ini.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 50 meter dan kedalaman 4 meter ini sangatlah istimewa sekali. Pasalnya di sekitar air terjun anda bisa menikmati hijaunya pepohonan yang masih sangat asri. Tempat wisata tersebut memang masih sepi pengunjung dan di sini tidak ada penjual makanan. Jadi disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri.

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini juga mempunyai hawa yang sangat sejuk sehingga bisa menyegarkan badan anda. Ketika lelah saat perjalanan kemudian dipadukan dengan hawa air terjun yang begitu menyejukkan menambah keistimewaan yang dimiliki oleh tempat wisata alam tersebut. Namun ketika musim kemarau, debit air pada air terjun ini sangat sedikit dan berbeda ketika musim hujan, debit air bisa sangat banyak. Dengan kedalaman kolam hanya sekitar 4 meter saja, anda bisa berenang di bawah air terjun sepuasnya tetapi tidak disarankan bagi para pengunjung untuk memanjat tebing air terjun karena sangat licin dan terjal sehingga sangat berbahaya.

Saat perjalanan, anda pasti akan bertanya-tanya kenapa banyak pohon coklat yang ditanam di sana. Perlu anda ketahui jika Pulau Lombok adalah salah satu daerah penghasil coklat terbesar di Indonesia maka tak heran jika banyak tanaman tersebut di sekitar air terjun itu. Tak jauh dari air terjun terdapat bendungan yang digunakan penduduk setempat sebagai sarana irigasi dan dimanfaatkan untuk yang lainnya. Berada di Lombok Utara memang tak harus mengunjungi pantainya saja tetapi anda juga bisa mengunjungi wisata alam yang lain yang ditawarkan oleh Desa Genggelang. Air terjun di desa ini memang begitu indah dan juga istimewa, air terjun Tiu Pupus bisa anda kunjungi dan temukan keistimewaannya.